Translate

Jumat, 11 Mei 2012

Mari Membuat Hidup Lebih Bermakna

Hampir setiap hari kita melakukan hal yang sama berulang-ulang sehingga menjadi suatu kegiatan yang rutin. Bangun pagi, sholat, mandi, menyiapkan sarapan, berangkat ke kantor dan seterusnya. Di kantorpun kegiatan yang sama sering dilakukan berulang-ulang sehingga kadang-kadang terkesan monoton. Dan saking sudah rutinnya dilakukan, kita sering melakukannya tanpa 'rasa', seakan semuanya seperti sudah berjalan demikian, dan memang harus seperti itu. Kita sering tidak menyadari makna dari semua tindakan kita.  Potensi dan kemampuan terbaik kitapun jadi sering terabaikan. He he he kalau ini terus dilakukan tanpa 'rasa', tanpa kita sadari pada akhirnya tahu-tahu kita sudah tua dan harus pensiun. Rugi banget dong yaaa...

Terus bagaimana agar hidup terasa lebih bermakna dan kita juga bisa lebih mencintai hidup kita ? Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan, agar kita bisa melihat dengan lebih baik sisi-sisi kehidupan kita.
1. Hadapilah ketakutan
Rasa takut sering menjadi penghalang terbesar untuk melangkah maju. Rasa takut ini bisa bermacam-macam, bisa berupa ketakutan menghadapi situasi yang baru, ketakutan meninggalkan kenyamanan yang selama ini sudah kita jalani atau bahkan ketakutan untuk menjadi orang kaya ha ha ha.... tapi ada lho memang orang yang takut menjadi orang kaya. Untuk menghadapi ketakutan besar ini, kita harus dapat melatih diri kita mengatasi ketakutan-ketakutan kecil. Dengan keberhasilan melewati dan mengalahkan ketakutan kecil tersebut dengan sukses, ada semacam rasa percaya diri yang timbul dan bangkit serta keyakinan bahwa kita akan mampu melewati hal yang lebih besar.

2. Melihat kembali ke masa kecil
Coba kita ingat-ingat kembali dan buat daftar kegiatan-kegiatan favorit apa yang sering kita lakukan di masa kecil. Kemudian tanyalah pada diri sendiri apakah kita menyukai hal-hal itu sekarang ? Atau kunjungi tempat-tempat yang berkesan, mencicipi makanan favorit kita di masa lalu. Lakukan kegiatan itu, ada rasa bahagia dan penuh semangat yang akan timbul ketika kita melakukannya lagi. 
  
3. Mencari teman baru
Orang-orang baru yang belum kita kenal dapat membawa pengaruh besar bagi kehidupan kita. Lingkaran pertemanan dapat kita mulai dari mana saja, dari hobi yang sama misalnya memasak, bersepeda ataupun orang yang punya cita-cita yang sama. Menurut penelitian, orang-orang yang mempunyai lingkaran sosial yang lebih bervariasi cenderung lebih gampang mendaki tangga sukses. Berbicara dengan 'orang asing' membuat kita lebih mahir menyampaikan pendapat di depan forum. Selain itu orang yang tidak terlalu akrab dengan kita cenderung tidak menghakimi. Sehingga kita dapat menjadi diri sendiri saat berada di tengah-tengah mereka.
 
4. Bantulah orang lain untuk sukses
Salah satu cara untuk memunculkan potensi terbaik kita adalah dengan membantu orang lain semaksimal  mungkin. Saat muncul giliran kita meminta pertolongan, mereka akan dengan senang hati membalasnya. Makin besar daya yang kita berikan pada orang lain, makin besar pula nilai yang kita ciptakan. Dengan membantu orang lain semaksimal mungkin, kita membentuk jaringan pendukung yang besar. Itulah biasanya yang dilakukan para orang sukses. Mereka mempunyai banyak mentor dan meraih sukses itu bersama-sama.

5. Lakukan hobi baru
Hobi baru dapat berarti mengurangi waktu yang kita miliki bagi keluarga, bisa juga menambah pengeluaran baru. Akan tetapi manfaatnya justru akan lebih besar bagi diri kita sendiri dan keluarga. Rasa bahagia yang kita dapatkan dari melakukan hobi baru ini akan menular pada lingkungan di sekitar kita. Buang jauh-jauh rasa cemas bahwa orang lain akan memandang kita bodoh saat memulai hobi baru ini.   

6. Coba penampilan baru 
Coba make over penampilan, bisa dengan mencoba model jilbab yang baru, yang semakin banyak variasinya dan mudah dipraktekkan. Model dan warna pakaian muslimah seru juga untuk dipadu padan dan mencoba model yang belum pernah kita pakai sebelumnya. Tentu saja yang sesuai dengan bentuk badan lho yaa... Dengan berpenampilan baru kita seolah menjadi 'pribadi' baru yang lebih bersemangat.

Jadi, jangan biarkan sesuatupun atau siapapun meredam potensi terbaik kita. Mari kita raih kunci hidup yang lebih bermakna. 


inspired by MORE mgazine, Mei 2012

0 komentar:

Posting Komentar